Selamat Datang | Muyasaroh Notes | Bersama Saling Berbagi dan Menjadi Pembelajar yang Hebat Muyasaroh Note: Hari Kiamat

Jumat, 12 Desember 2008

Hari Kiamat

Kenapa kita harus beriman kepada hari kiamat? Allah telah menciptakan manusia dengan bentuk yang sempurna dibandingkan dengan makhluk-makhluk lainnya. Kita diberi nyawa oleh Allah hanya untuk sementara, ibarat kita hanya singgah untuk minum di dunia. Jadi kita harus menggunakan kehidupan di dunia dengan sebaik-baiknya. Keimanan kepada hari akhir yang akan menyebabkan seseorang mengisi hidupnya dengan beramal baik dan ia yakin hanya beramal baik yang dapat menyelamatnya di hari akhir kelak.

Hari kiamat dibagi menjadi 2 yaitu kiamat sugro dan kiamat kubro. Kiamat sugro yaitu kiamat kecil seperti adanya orang meninggal dunia, bencana alam dan lain sebagainya. Sedangkan kiamat kubro yaitu kiamat yang benar-benar kiamat, dimana seluruh alam semesta akan dihancurkan beserta isi-isinya.

Orang yang telah meninggal dunia, di akhirat akan melewati dua alam yakni alam sebelum hari akhir dan alam setelah hari akhir. Alam sebelum hari akhir adalah alam Barzakh, alam Barzakh merupakan alam kubur. Sedangkan alam setelah hari akhir adalah alam Mahsyar dan alam akhir yang terdiri dari dua alam yaitu surga dan neraka. Semua manusia akan mengalami beberapa masa yaitu Yaumul Qiamah, yakni akhir dari seluruh kehidupan dan segala isinya serta seluruh alam semesta akan diancurkan. Ada juga Yaumul Ba`tsi yakni dimana seluruh manusia dibangkitkan dari alam kubur setelah kiamat, hal ini terjadi setelah tiupan sangkakala yang kedua.

Setelah itu manusia akan digiring menuju alam Mahsyar yaitu tempat dikumpulkannya manusia dari Nabi Adam hingga Nabi Muhammad. Di alam ini semua manusia akan dimintai pertanggung jawaban atas segala perbuatan yang dilakukan selama didunia. Orang yang banyak berbuat kebaikan ia akan menerima kitabnya dari sebelah kanannya. Sedangkan orang yang banyak berbuat dosa ia akan menerima kitabnya dari sebelah kiri atau punggungnya. Sedangkan waktu perhitungan dan pertanggung jawaban dari perbuat manusia disebut Yaumul Mizan.

Setelah manusia melewati tahap-tahap tersebut, manusia ditentukan untuk masuk surga atau neraka. Surga dan neraka merupakan ujung dari petualangan kehidupan manusia dan berada diakhir seluruh alam yang dilalui oleh seluruh manusia seperti yang kita ketahui, hidup manusia mengalami beberapa alam yaitu ruh, rahim, dunia, kubur dan akhirat. Orang yang amal kebaikannya banyak ia akan masuk surga, tetapi jika orang yang amal kejelekannya lebih banyak ia akan masuk neraka.

Dengan beriman kepada hari akhir kita dapat merasakan beberapa hikmah dan fungsinya diantaranya, meningkatkan semangat belajar meupun bekerja, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah, menghindar dari perbuatan yang tidak bermanfaat, mempererat tali persaudaraan, menghindari perbuatan dosa,meningkatkan kepedulian kita kepada masyarakat dan selalu berbuat kebaikan.

Diantara tanda-tanda hari akhir yaitu:
1. Sebagian besar manusia akan menyembah berhala seperti hadits nabi “Belum terjadi hari kiamat orang-orang dari kalangan umatku kembali menyembah berhala”. Dan pada hari kiamat tidak akan ada lagi manusia yang menyebut nama Allah. Mereka banyak yang mengutamakan kesenangan di dunia dari pada di akhirat.
2. Banyak kemaksiatan yang akan terjadi seperti bunuh-membunuh, bahkan ada anak yang tega untuk membunuh orang tuanya.
3. Fitnah akan terjadi dimana-mana karena manusia yang lupa dengan Allah dan terpengaruh oleh syetan.
4. Matahari akan terbit dari barat.
5. Waktu akan terasa semakin dekat dan cepat. Setahun terasa sebulan, sebulan terasa seminggu, seminggu terasa sehari, sehari terasa sejam dan sejam terasa semenit. Hal tersebut karena Allah telah mempercepat rotasi Bumi.
6. Perbuatan mesum akan dilakukan secara terang-teranga, seperti perzinahan, prostitusi dan sebagainya.
7. Banyak peperang yang terjadi antara umat islam dengan umat yahudi. Seperti peperangan umat islam di Palestina dengan umat yahudi di Israel.
8. Banyak orang-orang yang berlomba-lomba untuk meninggikan bangunan.
9. Banyak orang-orang yang memakai baju compang-camping dan tanpa beralas kaki.
10. Banyak orang yang berbuat maksiat.
11. Munculnya dajjal yaitu makhluk setengah manusia dan setengah hewan serta memiliki mata hanya satu.
12. Banyak orang yang tidak membaca Al-Quran.
13. Turunnya nabi Isa dari langit untuk menolong manusia dari kesesatan.

2 komentar:

  1. kiamat kubro menurut ilmiah belum dijelaskan,,
    apa arti kiamat kubro menurut ilmiah ??

    BalasHapus
  2. terima kasih atas kunjungannya. insyaallah saya akan tambahkan. salam kenal ya....

    BalasHapus

Jangan lupa jejakkan komentar terbaikmu. Terima Kasih ^ ^