Selamat Datang | Muyasaroh Notes | Bersama Saling Berbagi dan Menjadi Pembelajar yang Hebat Muyasaroh Note: Kilas Balik Jawa Timur Park II

Minggu, 13 Maret 2011

Kilas Balik Jawa Timur Park II

Jawa Timur Park 2 atau Jatim Park 2 merupakan sebuah kompleks theme park baru di Kota Batu, Jawa Timur yang dibangun secara bertahap dari tahun 2009 sampai 2010 dengan luas area sekitar 16 hektar. Jatim Park 2 ini mengedepankan konsep nature (alam), ada 3 sajian utama di dalamnya, yaitu:

1. Museum Satwa.

2. Hotel de Pohon (pohon inn hotel).

3. Secret Zoo.

Dari arah depan, ada 3 tampilan arsitektur yang sangat bagus. Di paling kiri, Museum Satwa tampil dengan langgam klasik Yunani. Di tengah, Hotel dengan metafora berbentuk pohon raksasa (gigantic tree). Kemudian di sisi kanan, Secret Zoo yang tampil secara kontemporer dengan permainan geometris yang disusun ala cut diamond (potongan intan).

Museum Satwa merupakan Museum Terbesar dan terlengkap. Menyajikan satwa dari berbagai belahan dunia antara lain dari Afrika, Amerika, Australia, eropa dan antartika. Mengusung konsep museum masa kini (kotemporer). Menggabungkan antara seni lukis, technologi, dan ilmu pengetahuan khususnya satwa. Tampilan museum dibuat berbeda dan menyenangkan. Pendirian Museum Satwa didasari kenginan untuk memberikan pengetahuan dan pembelajaran terapan kepada pengunjung terutama usia sekolah sebagai pendukung pembelajaran satwa yang disajikan dengan latar belakang sesuai habitat dan ukuran sesungguhnya. Selain satwa awetan yang ada di masa kini, Museum Satwa juga menyajikan replika satwa purba seperti Apatosaurus, Tyrannosaurus-Rex, Stegosaurus, Mammoth, dan replika satwa purba lainnya.

jatim park, malang, batuu, wisata, liburan, jalan-alan, traveling, muyasaroh
Jatim park 2 Batu Jawa Timur

Kota Batu memiliki sebuah kebun binatang baru yang diberi nama Secret Zoo.Lokasi Secret Zoo ini sendiri satu komplek dengan Museum Satwa, yaitu di Jawa Timur Park 2 Kota Batu. Meskipun ini adalah kebun binatang yang baru saja di launching, akan tetapi memiliki koleksi satwa yang langka dan tidak kalah bagus dengan kebun binatang lain yang berada di Indonesia. Arsitektur kebun binatang ini pun berskala internasional.

Hotel de Pohon (pohon inn hotel) adalah salah satu tempat penginapan yang satu komplek dengan  museum satwa dan secret zoo. Hotel ini di desai dengan gayanya yan mirip dengan akar pohon.

Beberapa fasilitas yang disediakan di Jawa Timur Park 2 adalah:

  1. Tempat parkir yang nyaman dan aman berada di lahan seluas 2 ha.

  2. Bangunan Indoor yang dibangun diatas lahan kurang lebih 1 Ha dari 15 ha area jawa timur park

  3. Menyajikan ratusan diorama satwa dari berbagai penjuru dunia, yang divisualisasikan sesuai dengan habitatnya.

  4. Insektarium yang berisi ribuan jenis serangga dari negara di belahan dunia.

  5. Pengetahuan satwa yang disajikan melalui keterangan-keterangan yang berada disetiap diorama, baik dari jenis sata, kebiasaan satwa dan juga asal satwa tersebut.

  6. Khasanah pengetahuan fauna sebagai tempat dan pembelajaran melalui kuis dan tebak-tebakan tentang satwa.

  7. Guide yang profesional

  8. Fasilitas umum toilet dan musholla yang bersih dan nyaman.

  9. Tempat istirahat yang terletak di warung desa, dengan desain pedesaan dan style pedesaan.

  10. Fasilitas hot spot di khasanah pengetahuan fauna dan warung desa.

2 komentar:

  1. hey syaroh!
    nice to meet you here.
    gimana kabar?
    hehe.

    selamat berjuang! :D

    BalasHapus
  2. alhamdulillah kabar baik
    kamu sendiri baikkan?
    semoga sukses slalu yaa...

    BalasHapus

Jangan lupa jejakkan komentar terbaikmu. Terima Kasih ^ ^